Pengertian-pengertian Tanah



Berikut ini adalah pengertian tanah dari berbagai pandangan :
1. Buku Dasar-Dasar Ilmu Tanah oleh Dr.Ir. Kemas Ali Hanafiah, M.S, 2010, Rajagrafindo Persada, Jakarta
Tanah merupakan hasil evolusi alam yang bersifat dinamis sepanjang masa.

2. Brady, N.C. (1974), The Natural and Properties of Soil, Mac Millan Publishing Co., Inc., New York, 8 th Ed.
Tanah merupakan suatu tubuh alam atau gabungan tubuh alam yang dapat dianggap sebagai hasil alam bermatra tiga yang merupakan paduan antara gaya pengrusakan dan pembangunan, yang dalam hal ini pelapukan dan pembusukan bahan-bahan organic adalah contoh-contoh proses perusakan, sedang pembentukan mineral baru seperti lempung tertentu serta lapisan-lapisan yang khusus merupakan proses-proses pembangunan.

3. Buku Pengantar Ilmu Tanah Terbentuknya Tanah dan Tanah Pertanian oleh Ir. Mul Mulyani Sutedjo dan Ir. A.G. Kartasapoetra, Rineka Cipta, Jakarta, 1991.
Tanah merupakan suatu system yang ada dalam suatu keseimbangan dinamis dengan lingkungannya ( lingkungan hidup atau lingkungan lainnya ).

4. Buku Ilmu Tanah Jilid III (Tanah, pembentukannya, susunannya, dan pembagiannya) oleh M. Wicaksoni Wirjodihardjo.
Sudut Morfologinya, tanah adalah suatu tubuh, suatu benda alam yang teratur susunannya.
Dokuchaev : Tanah adalah hasil kegiatan bersama-sama dan hasil saling mempengaruhi dari bahan-bahan indu, tanaman-tanaman dan hewan-hewan, iklim, umur daerah, dan topografi.

5. Buku Kamus Pertanian oleh Sadjad Sjamsoeoed, 1993.
Secara umum : Bagian atas kerak Bumi yang telah mengalami pelapukan atau lebih luas dimana berbagai organism dapat hidup baik diatasnya maupun didalamnya.
Sudut pertanian : Tanah sebagai media tumbuh alami untuk segala macam tumbuhan dan tanaman diatas permukaan Bumi yang terdiri dari bahan-bahan organic dan mineral.

6. Buku Dasar-Dasar Ilmu Tanah Edisi VI oleh Henry D. Foth, 1994.
Berasal dari kata soil yang diambil dari Perancis Kuno turunan bahasa latin solum yang berarti lantai atau dasar.
Secara umum : Tanah adalah bagian permukaan yang terpisah dari Bumi dan Bulan sebagaimana dibedakan dari batuan yang padat.
Bidang Petani : Sebagai tempat medium tumbuh tanaman budidaya.

7. Buku Ilmu Tanah Pertanian oleh Dr. Ir. E. Saifuddin Sarief.
Menurut ilmuwan asal Jerman, Yustus von Liebig (1840) dan Berzelius asal Swedia. Tanah didefinisikan sebagai laboratorium kimia dari alam ini dan tanah terbentuk dari batu-batuan dengan sejumlah bahan organic tertentu sebagai hasil pengurangan sisa tumbuhan.

8. Buku Pertanahan Dalam Era Pembangunan di Indonesia (Departemen Penerangan RI, Jakarta, 1982, Hal.13-14).
Tanah adalah sumber daya alam dan sumber hidup serta kehidupan kini maupun di masa datang. Setiap bangsa memiliki aturan-aturan atau norma-norma tertentu dalam penggunaan, penguasaan, pemilikan, dan pemanfaatan tanah untuk hidup dan kehidupannya, secara kompleks mengakomodasi kepentingan dan kelanggengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

9. Buku Konservasi Tanah dan Air oleh Sitanala Arsyad, 2006.
Tanah adalah suatu benda alami heterogen yang terdiri atas komponen-komponen padat, cair, gas, dan mempunyai sifat serta perlaku yang dinamis.

10. Buku Kimia Fisik Tanah oleh Latifah K. Darusman.
Tanah merupakan campuran dari komponen padatan-padatan anorganik dan organic, udara, air, dan mikroorganisme.

11. Pengantar Agronomi, Departemen Agronomi, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor oleh M.M. Sri Setyati Harjadi, penerbit PT Gramedia Jakarta, 1984.
Istilah tanah mempunyai berbagai arti untuk orang-orang yang berbeda. Ibu rumah tangga, ahli geologi, insinyur sipil, dan ahli pertanian.
Bagi ahli pertanian, tanah merupakan bagian-bagian Bumi dimana akar tanaman tumbuhan. Tanah merupakan komponen hidup dari lingkungan yang penting, yang dapat dimanipulasi untuk mempengaruhi penampilan tanaman.

12. Buku Ilmu Tanah oleh Prof. Dr. Ir. H. Sarwono Hardjowigeno, M.Sc, penerbit Akademika Pressindo Jakarta, 2007.
Pengertian tanah dalam definisi ilmiah adalah kumpulan dari benda alam di permukaan bumi yang tersusun dalam horison, terdiri dari campuran bahan mineral, organik, air dan udara sebagai media untuk tumbuhnya tanaman.

13. Buku Dasar-Dasar Kimia Tanah Pertanian I oleh Bambang Siswanto, Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, 2011.
Tanah didefinisikan sebagai massa yang berada di permukaan Bumi, didalamnya terdapat bahan-bahan koloid organic, bahan-bahan mineral, sisa-sisa tumbuhan-tumbuhan dan hewan yang telah mati, udara tanah dan air tanah dalam jumlah berbeda-beda dari suatu tanah ke tanah pingin ke orang lain.

14. Buku Dasar-Dasar Ilmu Tanah oleh Henry D. Foth, penerbit Gadjah Mada University Press, 1998.
Tanah dapat didefinisikan bahan mineral yang tidak pekat (unconsolidated) pada permukaan tanah yang telahdan akan selalu digunakan untuk percobaan serta dipengaruhi oleh faktor-faktor genetic dan lingkungan bahan induk, iklim (termasuk pengaruh kelembaban dan suhu), makro dan mikro organism serta topografi yag semuanya berlangsung pada suatu periode tertentu dan menghasilkan produk tanah yang berbeda dari bahan asalnya pada banyak sifat-sifat fisika, kimia,dan biologi serta cirri-cirinya.

15. Pengantar Fisika Tanah, oleh Daniel Hillel, penerbit Mitra Gama Widya, 1997.
Tanah adalah bahan dasar bagi semua kehidupan di Bumi. Campuran penyusun tanah yang kompleks dan subur berperan memberi kehidupan, merupakan bidang dengan kajian yang sangat menarik. Tanah berperan sebagai media tumbuh tanamandan kegiatan mikrobiologi saja, tetapi juga sebagai penampung dan pabrik daur ulang bagi berbagai sisa-sisa produk yang dapat meracuni lingkungan.
Dua pemahaman utama yang sangat mendasari pengertian tentang tanah berdasar-kan ilmu pertanian adalah:
(1) Tanah sebagai tempat tumbuh dan penyedia kebutuhan tanaman.
(2) Tanah berfungsi sebagai pelindung tanaman dari serangan hama dan penyakit serta dampak negatif pestisida dan limbah industri yang berbahaya.
tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran penopang tumbuh tegaknya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan udara; secara kimiawi berfungsi sebagai gudang hara dan sumber penyuplai hara atau nutrisi (meliputi: senyawa organik dan anorganik sederhana dan unsur-unsur essensial seperti N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, dan Cl); dan secara biologi berfungsi sebagai habitat biota (organisme) yang berpartisipasi aktif dalam penyediaan hara tersebut dan zat-zat aditif (pemacu tumbuh, proteksi) bagi tanaman, yang ketiganya secara integral mampu menunjang produktivitas tanah untuk menghasilkan biomass dan produksi baik tanaman pangan, tanaman obat-obatan, industri perkebunan, maupun kehutanan.

16. http://pengertian-definisi.blogspot.co.id/2011/11/definisi-dan-pengertian-tanah.html?m=1 Diakses 15 september 2015 18.44
Tanah adalah kumpulan tubuh alam yang menduduki sebagian besar daratan planet bumi, yang mampu menumbuhkan tanaman dan sebagai tempat mahluk hidup lainnya dalam melangsungkan kehidupannya. Tanah mempunyai sifat yang mudah dipengaruhi oleh iklim, serta jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk dalam jangka waktu tertentu.

17. http://kemayangriang.blogspot.co.id/2014/02/tanah.html?m=1 diakses 15 september 2015 18.49
Tanah dapat diartikan sebagai bagian teratas dari permukaan bumi yang merupakan tempat tumbuhnya tumbuhan-tumbuhan dan tempat hidupnya segala jenis makhluk hidup.

18. http://www.pengertianpakar.com/2014/11/pengertian-tanah-dan-klasifikasi-tanah.html?m=1 diakses 15 september 2015 18.50
Tanah menurut pakar pertanian adalah medium alam tempat tumbuhnya tumbuhan dan tanaman yang tersusun dari bahan-bahan padat, gas dan cair.

19. http://www.untukku.com/artikel-untukku/pengertian-tanah-untukku.html diakses 15 september 2015 18.54
Tanah menurut Pendekatan Geologi (Akhir Abad XIX): Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang berasal dari bebatuan yang telah mengalami serangkaian pelapukan oleh gaya-gaya alam, sehingga membentuk regolit (lapisan partikel halus).

20. http://alhikmatu.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-tanah.html?m=1
Dokuchaev mendefinisikan tanah sebagai bahan padat (bahan mineral atau bahan organik) yang terletak dipermukaan, yang telah dan sedang serta terus menerus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor: (1) bahan induk, (2) iklim, (3) organisme, (4) topografi, dan (5) waktu.


dari banyak pengertian tanah diatas, menurut saya, tanah adalah sumber daya alam yang berasal dari pelapukan bagian kerak bumi yang menjadi tempat tumbuhnya tumbuhan dan tanaman.

Comments

  1. Artikel kandungan tanah yang anda post diblog ini sangat membantu, karena selain mengerti apa itu pengertian tanah kita juga mengetauhi kandungan-kandungan yang ada didalamnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ospek Prabu 53 Universitas Brawijaya

Cerpen (cerita pendek) Bahasa Indonesia